Selasa, 01 November 2011

terus buat apa?

kadang gue gak ngerti sama apa yang gue lakuin, gak ngerti kenapa gue belajar ini , belajar itu, gak ngerti sebenernya apa sih yang gue pelajari itu, gak ngerti sebenernya apa sih manfaat dari gue mempelajari itu semua, itung-itungan, konsep konsep rumit,analisis analisis yang sebenernya gak tau untuk apa
apa itu semua bisa di implementasiin ke dunia nyata?
apa itu bisa bermanfaat bagi lingkungan gue?
apa gue mempelajari itu semua gara-gara cuma untuk diri gue sendiri?
cuma buat nilai gue jadi A terus IP bisa gede?
cuma buat pribadi gue?

yah, mungkin gue 'belum' ngerti aja, suatu hari nanti pasti gue akan tau kenapa gue pelajari itu semua
suatu hari nanti pasti gue tau "oh, ini toh manfaat belajar analisis analisis rumit yang gue pelajari dulu sewaktu kuliah"
dan suatu hari nanti ilmu ilmu yang gue pelajari ini harus bisa bermanfaat untuk sesama
karena, alangkah egoisnya jika ilmu hanya untuk diri sendiri

yang jelas ketika gue nanti ngediriin sekolah, semua guru harus bisa ngejelasin yang mereka ajarkan itu nanti buat apa, semua guru harus ngejelasin apa manfaat mereka mempelajari yang mereka ajarkan, supaya mereka bisa mengaplikasikan nya di dunia nyata, bukan cuma di kertas ujian yang di kerjain didalam ruang kelas.
suatu hari kelak murid-murid sekolah gue akan senang belajar karena mereka 'tahu' apa manfaat mereka belajar. bukan hanya untuk sekedar menjadi pribadi 'pintar', harus lebih, lebih dari itu :)

karena, bukankah manusia terbaik itu manusia yang bermanfaat? 

sewaktu subuh 
disela-sela belajar analisis sistem tenaga
hanya mencoba mencari makna

2 komentar:

jika tidak ada acount silahkan pilih anonim,lalu ketik nama setelah komentar .